Cara Cepat Kuasai Bahasa Inggris

images (2)

Bahasa Inggris saat ini merupakan bahasa internasional yang notabene nya digunakan dan dipelajari di seluruh dunia. Untuk itu BinNews akan mengulas sedikit tentang tips-tips agar kita mampu menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Oke langsung saja.

Tips-tips kuasai bahasa Inggris:

  1. Menghafal vocabularies. Vocab atau kosakata menurut kami adalah hal yang paling penting dan menjadi awal yang harus kita kuasai. Maka dari itu diharuskan belajar tentang vocab agar kita dapat berbahasa Inggris. Usahakan untuk permulaan kuasai 5-10 vocabularies yang sering kita gunakan setiap hari . Wajib ini ya.. hehe ^_^
  2. Jangan Takut Mencoba. Ini adalah langkah selanjutnya setelah kita sedikitnya menguasai beberapa vocab, untuk membiasakan berbahasa Inggris maka kita harus mencoba mempraktekannya di kehidupan kita sehari-hari. Langkah ini mungkin akan menjadi sedikit sulit karena menurut pengalaman kami akan banyak cemoohan dari kawan-kawan atau orang sekitar kita, seperti “jangan so deh lho” yaaaa… itulah rintangan awal yang mesti kita lalui. Tapi untuk jadi sukses dan sesuai target maka saran kami jangan hiraukan kata mereka, teruslah mencoba dan jangan takut salah.. okay.
  3. Mulailah Belajar dari Receptive Skills. Di sekolah seringkali ditemukan murid yang mendapatkan tugas untuk menulis teks, juga murid acapkali diminta untuk membuat dialog dan mempraktekkannya di depan kelas. Untuk mempelajari sesuatu memang bisa dari keterampilan (skill) mana saja. Dan dalam bahasa Inggris ada empat skills yang harus dikuasai : Listening, Speaking, Reading, dan Writing. Listening dan Reading termasuk ke dalam receptive skill (keterampilan menerima), sementara Speaking dan Writing termasuk ke dalam productive skill (keterampilan memproduksi). Nah, untuk bisa menguasai bahasa Inggris bisa dimulai dengan membekali diri dan belajar dari receptive skills (Listening dan Reading) terlebih dahulu. Untuk meningkatkan kemampuan listening, bisa dengan banyak mendengarkan lagu bahasa Inggris, siaran radio berbahasa Inggris, atau menonton film. Dan untuk kemampuan reading, bisa dengan membaca koran berbahasa Inggris, artikel, atau buku berbahasa Inggris (mulai dari yang tipis dan bertema umum atau mudah dipahami). Jangan terlalu memusingkan artinya karena kita ada di tahapan receptive, yaitu menerima. Setelah kemampuan listening dan reading kita terasah, maka akan jauh lebih mudah untuk bisa menguasai productive skills, yaitu speaking dan writing.
  4. Buatlah Perencanaan dan Target Untuk Menguasai Bahasa Inggris. Untuk sampai pada tahap menguasai bahasa Inggris, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh. Dan sebagai bentuk kesungguhan dan konsistensi untuk menguasai bahasa Inggris, kita bisa membat perencanaan dan target untuk menguasai bahasa Inggris. Misal kita membuat pengingat di handphone tentang aspek apa yang ingin dipelajari dalam seminggu, lalu buat target pencapaian. Kita juga bisa mendapatkan kesenangan dengan menghadiahi diri sendiri jika berhasil mencapai target (misalnya kalau seminggu ini saya bisa memahami cara menyampaikan opini, maka saya akan tidur siang lebih lama di akhir pekan). Namun jika belum mencapai target, tak perlu risau dan menyalahkan diri sendiri karena dibutuhkan proses yang panjang untuk bisa memahami sesuatu. Dengan adanya perencanaan dan targetan, setidaknya apa yang kita upayakan berada di koridor yang benar dan menjadi lebih sistematis dan terarah.

Ya… mungkin itulah tips-tips nya, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan BinNews. Selamat mencoba… ^_^

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *